top of page
  • Writer's picturesudutexplore

Belum Pernah ke Bali? Nih Tips Buat Kalian Liburan Anti-Mahal di Bali


Pulau Bali merupakan destinasi wisata di Indonesia yang paling populer dan banyak diminati oleh wisatawan. Baik pelancong dari dalam ataupun luar negeri, semua selalu ingin datang dan berkunjung ke tempat ini. Karena tinggi peminatnya, banyak yang beranggapan bahwa liburan ke pulau Bali pasti menghabiskan banyak biaya.

Sewa hotelnya mahal, harga makanan selangit, harga tiket pesawat juga cukup menguras dompet. Namun, ada banyak cara untuk menyiasati liburan ke Bali supaya bisa lebih hemat, apalagi jika belum pernah berkunjung ke sana.

Untuk itu, anda membutuhkan tips liburan ke Bali bagi pemula supaya liburan yang anda rencanakan bisa low budget tapi tetap menyenangkan.


Tips yang pertama, berlibur saat low season bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk pergi ke Bali. Pilihlah saat hari kerja atau weekday. Karena Ketika High Season harga penginapan, akomodasi dan lain lain naik tiga kali lipat.


Tips yang kedua, pilihan transportasi di kawasan pariwisata di bali yang paling efisien dan murah adalah sepeda motor. Untuk harga sewa motor di area Bali sekitar Rp 80,000 – Rp 250,000/24 jam tergantung dari jenis motor yang anda ingin gunakan.


Tips yang ketiga, tempat menginap biasanya menjadi salah satu hal yang paling menguras isi dompet wisatawan. Berikut ini daftar hotel murah dan hotel menengah di Kuta Bali yang lokasinya berdekatan dengan pantai Kuta Bali kira kira 2 kilometer dari pantai Kuta.


5 Hotel Murah Dekat Pantai Kuta

  1. Bali Caps Hostel, 2,1 kilometer dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 110,000 – Rp 200,000/malam.

  2. Bali Sorgawi Hotel, jaraknya 0.6 km dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 330,000 – Rp 400,000/malam.

  3. Bali Bungalo, jaraknya 0,3 kilometer dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 500,000/malam.

  4. Hotel Sinar Bali, jaraknya sekitar 1,5 km dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 400,000 – Rp 500,000/malam.

  5. Adi Dharma Hotel, jaraknya 0,3 kilometer dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 550,000/malam.

5 Hotel Menengah Dekat Pantai Kuta

  1. Agung Putra Hotel & Apartment, jaraknya sekitar 0,8 kilometer dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 600,000/malam.

  2. Yulia Beach Inn, jaraknya sekitar 0,8 kilometer dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 650,000/malam.

  3. Dewi Sri Hotel, jaraknya sekitar 1 kilometer dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 1,000,000/malam.

  4. Casa Padma Hotel & Suites, jaraknya sekitar 0,8 kilometer dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 650,000/malam.

  5. Alron Hotel, jaraknya sekitar 1,5 kilometer dari Pantai Kuta – Bali, dengan harga kamar rata-rata Rp 650,000/malam.

Kawasan sekitar Jalan Poppy Lane dan Jalan Legian terkenal dengan kumpulan penginapan yang menawarkan harga miring per malamnya. Harga sewa kamar berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 350 ribu per hari, dan bisa menjadi lebih murah jika kamu menyewanya untuk tiga hari berturut-turut. Fasilitas yang disediakan juga memadai, yaitu single bed, kipas angin dan kamar mandi dalam. Kamu sebaiknya memeriksa informasi dan reputasi masing-masing penginapan melalui internet agar tak salah pilih.



Tips yang keempat, bagi kalian yang masih pemula saat liburan ke Bali, informasi ini wajib kalian ketahui Banten atau sajen berupa bunga dan persembahan lainnya dalam wadah janur (canang sari) biasa diletakkan di pintu masuk dan area-area yang sering dilalui orang. Seringkali muncul pertanyaan bagaimana kalau tidak sengaja terinjak. Sebenarnya tidak masalah jika memang Anda tak sengaja menginjaknya. Jika Anda menginjaknya di depan pemilik atau penjaga toko atau tempat sajen itu diletakkan, cukup berkata ”maaf”. Sebaiknya saat berjalan, hindari dengan melewatinya, jangan sampai Anda malah sengaja menginjaknya.


Tips yang Kelima, Wisata kuliner di Bali dengan harga miring, banyak banget lho. Misalnya, di Kuta dan Seminyak banyak aneka warung dengan sajian nasi rames. Harganya pun berkisar Rp 20 ribuan saja.

Warung nasi pedas juga cukup murah dan banyak pilihannya. Beberapa fast food juga mudah ditemui di sejumlah wilayah. Di Sanur, ada juga Nasi Bali Men Weti, atau Sate Plecing Arjuna Legian. Di bawah Rp 50 ribu,masih bisa makan kenyang!



Tips yang keenam, perjalanan menggunakan pesawat cukup menguras budget liburan kalian. Nah jika kalian mempunyai rencana liburan ke Bali dengan budget yang terbatas, kalian bisa memilih perjalanan via darat.

Dari Jakarta, kamu bisa menggunakan kereta Gumarang (kelas Ekonomi) tujuan Surabaya Pasar Turi dengan harga tiket mulai dari Rp150.000. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kereta api Probowangi jurusan Surabaya Gubeng – Banyuwangi Baru dengan biaya Rp56.000.

Setibanya di Stasiun Banyuwangi Baru, kamu bisa berjalan kaki atau naik ojek menuju Pelabuhan Ketapang. Untuk menyeberang ke Bali, kamu akan dikenakan biaya Rp6.000. Penyeberangan ini akan memakan waktu tempuh selama 1 jam menuju Pelabuhan Gilimanuk. Dari pelabuhan di Bali, kamu bisa naik bus dengan biaya sekitar Rp35.000 menuju Terminal Ubung, Denpasar.


21 views
bottom of page