top of page
  • Writer's picturesudutexplore

Tips Liburan Aman dikala Pandemi

Updated: Apr 7, 2021


Photo by Anna Shvets from Pexels


Seperti yang sudah kita ketahui, dalam satu tahun ke belakang ini dunia pariwisata global mengalami penurunan yang sangat drastis sejak WHO (World Health Organization) mendeklarasikan virus corona (COVID-19) sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020.


Berbagai cara telah dilakukan untuk mendorong agar pandemi ini segera berakhir, mulai dari penerapan protokol kesehatan hingga lock down yang dilakukan oleh berbagai negara di dunia. Hingga sampai saat ini, dunia khususnya Indonesia sudah mulai memasuki fase new normal dengan berbagai kebiasaan barunya. Termasuk juga bagaimana kita melepaskan penat setelah diharuskan berdiam diri di rumah untuk meminimalisir penyebaran virus.


Di awal tahun 2021 ini, sektor pariwisata mulai bangkit kembali dan berbagai destinasipun sudah menyesuaikan diri agar aman saat dikunjungi oleh masyarakat. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan ketika kita ingin liburan dikala pandemi seperti ini? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum berangkat liburan dikala pandemi.


1. Tentukan destinasi wisata

Photo by Brady Knoll from Pexels


Hal pertama yang dapat dilakukan ketika ingin berlibur dikala pandemi adalah menentukan destinasi mana yang akan kita tuju.


Untuk menentukan destinasi liburan bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun sepertinya yang paling mudah adalah dengan menggunakan teknologi browsing. Dapat melalui review google, website wisata, sosial media, dan lain-lain.


Tentunya ada perbedaan ketika kita menentukan destinasi dikala normal dan pandemi. Ketika pandemi kita harus mencari destinasi wisata yang aman. Aman bukan hanya dari segi keamanannya, namun dari kesterilannya (kesehatan).


Salah satunya kamu bisa menentukan destinasi yang sudah memiliki sertifikasi Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).


2. Cek kondisi tubuh


Photo by Ketut Subiyanto from Pexels


Selanjutnya yang harus jadi prioritas adalah kesehatan tubuh. Pada masa pandemi seperti ini, kita harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terserang virus khususnya COVID-19.


Kamu dapat mengecek kondisi tubuh dengan cara self assesment atau deteksi dini COVID-19 mandiri beberapa hari sebelum berangkat. Banyak aplikasi di smartphone yang memiliki fitur tersebut.


Namun, jika kondisi tubuh sebelum berangkat dirasa kurang baik, sebaiknya liburan ditunda terlebih dahulu demi keselamatan sesama.


3. Lakukan serba online


Photo by Anna Shvets from Pexels


Salah satu protokol kesehatan yang diterapkan dimasa pandemi adalah dengan menjaga jarak dan mengurangi kontak dengan sekitar. Maka dari itu kita dapat mengurangi kontak langsung dengan memanfaatkan teknologi.


Banyak hal yang dapat dilakukan secara online, seperti memesan tiket dan menggunakan online payment dalam setiap pembayaran apapun. Hampir seluruh destinasi wisata menerapkan sistem pembelian tiket masuk secara online. Karena itu, ada baiknya semua tiket destinasi wisata yang akan dikunjungi sudah dipesan sebelum berangkat liburan.


Lalu siapkan juga saldo e-wallet yang didukung oleh smartphone-mu. Agar nantinya kontak langsung dapat diminimalisasi.


4. Membawa perlengkapan dan kesehatan pribadi


Photo by shutterstock/Igisheva Maria


Selama pandemi, kita dianjurkan untuk dapat menjaga diri dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan perlengkapan wajib pandemi.


Ada beberapa perlengkapan yang wajib dibawa saat pandemi. diantaranya :


  • Masker, Pertama adalah masker beserta cadangannya. Meski sedang berlibur, wisatawan harus tetap disiplin dalam memakai masker. Jangan lupa untuk selalu mengganti masker maksimal empat jam sekali. Karena itu, bawalah masker cadangan dalam jumlah cukup banyak agar mudah menggantinya kapan pun.

  • sabun cair dan hand sanitizer. Kedua benda ini dibutuhkan untuk menjaga tangan selalu bersih selama beraktivitas.

  • Ketiga, semprotan disinfektan. Benda ini berfungsi untuk membunuh virus yang menempel pada benda-benda yang rawan disentuh banyak orang. Misalnya, gagang pintu, meja makan di restoran, keranjang belanja, dan mesin ATM.

  • Keempat adalah peralatan makan, mandi, dan ibadah pribadi. Bawalah sendok, garpu, botol minum, sikat gigi, sabun, dan perlengkapan ibadah sendiri saat liburan untuk mencegah penularan virus. Sebaiknya, bawa juga obat-obatan dan vitamin selama liburan.


5. Baiknya hanya berlibur dengan anggota keluarga yang tinggal di rumah yang sama


Photo by Vidal Balielo Jr. from Pexels


Liburan akan terasa lebih seru jika dilakukan dengan banyak orang khususnya yang terdekat dengan kita. Namun, saat pandemi ada baiknya untuk tidak mengajak banyak orang ketika berlibur. Pasalnya, kita tidak tahu bagaimana kondisi tubuh mereka.


Jadi, sebaiknya liburan kali ini dilakukan hanya dengan keluarga terdekat saja, khususnya keluarga yang tinggal satu rumah. Hal ini dilakukan supaya bisa memastikan bahwa mereka tidak terkena kontak dengan pihak luar sebelumnya, sehingga keamanan dan kesehatan bisa lebih terjaga.


Untuk sementara waktu juga, pilih saja tempat wisata yang jaraknya masih dekat atau setidaknya berada di dalam kota. Karena penerbangan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri untuk saat ini masih berisiko dan penularan virus corona masih berlangsung hingga saat ini. Serta usahakan untuk menggunakan kendaraan pribadi agar keamanan dan kesehatannya dapat lebih terjaga.


Nah, itu dia tips liburan aman dikala pandemi yang bisa explorer lakukan. Jadi, jangan khawatir lagi untuk liburan asalkan tetap menjaga protokol kesehatan dan berbagai aturan lain yang berlaku. Karena Ini semua dilakukan demi keselamatan bersama. Selamat liburan explorer!

19 views
bottom of page